Posted by : Jajang Nurjamil Rabu, 02 September 2015

 PENGERTIAN SISTEM OPERASI


           Sistem Operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perngkat keras komputer.
Pengertian secara umum adalah suatu pengelolaseluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan sipemakai sehingga memudahkan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya komputer.

           Sedangkan sistem operasi jaringan yang dipakai sebagai sever dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi stand alone bedanya hanya pada sistem operasi jaringan salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer yang lainnya.

           Sistem Operasi harus diinstal pada komputeragar dapat berfungsi dengan dalam instalasi sistem jaringan beberapa mode jaringan uaitu mode teks dan mode grafik. Instalasi berbasis teks merupakan salh satu mode instalasi sistem operasi komputer dengan tampilan teks dan sebaliknya mode grafik dengan tampilan gambar.

JENIS SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI

       
           Seperti pada sistem operasi yang dapat digunakan pada PC sistem operasi jaringan juga bermacam - macam banyak perusahaan yagn mengembangkan sistem operasi jaringan dari yang komersial samapi dengan sistem operasi yagn bersifat free alians free alias gratis. Sistem operasi memegang peranan yang sangat vital terhadap program yang akan berjalan pemilihan sistem operasi harus disesuaikan dengan kebutuhan baik - baik hardware, program yang akan dipakai maupun user yang memkai sistem Microsoft Windows NT, Windows 2000 sever dan Windows 200 server merupakan sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dengan lisensi komersial.
  
           Untuk menggunakan sistem operasi jaringan dari Microsoft kita harus membayar lisensi atau membeli sesuai dengan kebutuhan dan kesempatan antara pengguna danperusahaan.

          Selain microsoft perusahaan yagn mengembangkan sistem operasi jaringan adalah Unix, San Solaris dan jaringan dan perusahaan lainnya. Salah satu sistem operasi jaringanyang dkembangkan secara free adalah Linux.

          Linux pertama kali dikembangkan oleh lInus Trovalds, mengusung proyek opensource dengan lisensi GNU/GPL (General Public License) yaitu suatu lisensi dimana pemilik program tetap memegang haknya tetapi orang lain dimungkinkan untuk menyebarkan, memodifikasi, atau bahkanmenjual kembali program tersebut tetapi dengan syarat source code asli dan hak cipta harus diikuti sertakan dalam distribusinya . Dengan kosnsep ini semua orang dapat ikut mengembangkansistem operasi berbasis Linux

SPESIFIKASI HARDWARE

           Perkembangan hardware komputer yang cepat di iringi juga dnegna perkembangan sofware dan sistem operasi yang menuntut spesifikasi hardware yang tinggi oleh karena itu sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi sistem operasi sebaiknya dicek dahulu kebutuhan minimum harware yang ditemukan.

           Beberapa sistem operasi menyaratkan spesikasi minimal harware komputer dapat bekerja optimal. Jika spesifikasi hadware kurang memenuhi maka akan berdampak pada tidak optimal ya kerja sistem operasi.
         
           Untuk mengetahui sepesifikasi hardware pada komputer dapat dilihat pada manabox. Jika manual book tolak ada, dapat dilihat spesifikasi hardware pada komputer pertamakali dinamaka, maka BIOS akan melakukan cerk hardware, dan akan menampilkannya di layar komputer.

           Unutk melakukan instalasi di layar komputer redhat linux diperlukan spesifikasi harware minimal sebagai berikut.
Processor : Pentium I 200 ( untuk mode teks ) pentium
                   Pentium II 400 ( untuk mode grafik ) rekomendasi
                   Pentium III 600 Mb keatas
Harddisk : 475 Mb ( Untuk custom Isntallation )
                  850 Mb ( Untuk server )
                  1,7 Gb ( Untuk Personal Desktop )
                  2,1 Gb ( Untuk workstation )
Memory : 64 Mb ( Untuk mode teks )
                 128 Mb ( Untuk mode grafik )
                 Rekomendasi 192 Mb agar berjalan dengan baik

Mode Instalasi

           Beberapa sistem operasi menyediakan beberapa pilihan metode sistem operasi berdasarkan letak dimana letak sistem operasi disimpan yaitu :
- Dari CD Room
- Dari Harddisk
- Dari NFS Server
- Dari FTP Server
- Dari HTTP Server
           Persiapan yang di butuhkan untuk melakukan proses intalasi adalah
1. Unit komputer dengan harddisk yang masih kosong CD Master Instalasi Linux

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Burung Tweet

Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blogger templates

Tukar Link Otomatis

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Tahun Hijriyah

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Blogger templates

Blockquote

Blogger templates

- Copyright © Catatan Tugas Sekolah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -